Selasa, 27 Maret 2012

Bahasa Indonesia

Menurut saya bahasa indonesia merupakan salah satu pelajaran yang cukup sulit apalagi pada saat kita menghadapi ujian, lembar soal bahasa indonesia satu-satunya lembaran yang paling banyak itu menjadikan para pelajar malas untuk membacanya. Selain itu kita juga harus teliti dalam membacanya dan harus sesuai dengan kriteria kalimat tersebut, karena biasanya banyak pengecoh dalam soal pilihan gandanya.
Dalam pelajaran Bahasa Indonesia ada (1) grammar, misalnya penggunaan awalan dan akhiran, (2) essay yaitu kemampuan menyatakan diri dalam bahasa tulisan, (3) kemampuan menyatakan pendapat dalam bahasa lisan, dll., (4) kemampuan menggunakan Bahasa Indonesia baku (standard). Untuk menguasai hal-hal diatas perlu ada bimbingan tenaga pengajar yang kompeten. Akhir-akhir ini pelajar, mahasiswa bahkan pejabat dalam kesempatan apapun (resmi dan tak resmi) cenderung menggunakan bahasa Indonesia yang bukan bahasa baku. Penggunaan awalan dan akhiran tidak dilakukan sebagaimana mestinya. Misalnya, ajakan: "Mari kita menabung" menjadi "Mari kita nabung yuk".
Kemampuan pelajar/mahasiswa dari kebiasaan berbahasa yag tidak dapat membedaka kapan harus memakai Bahasa Indonesia baku dan kapan menggunakan Bahasa gaul atau bahasa pasaran. Meskipun begitu kita harus berbangga berbahasa indonesia karena bahasa indonesia merupakan identitas bangsa kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar